Selain gula dan teh, Indonesia juga merupakan negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Bahkan banyak telah populer hingga ke mancanegara. Nah, biar kita tahu banyak hal tentang ragam kopi di dunia, yuk intip daftarnya di sini.

25 Macam Kopi Dari Indonesia dan Seluruh Dunia

Kopi adalah salah tanaman yang banyak diproduksi di dunia. Tanaman yang berasal dari Afrika ini kita sudah banyak ditanam dan dikembangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan hampir di tiap daerah di Indonesia punya kopinya masing-masing.

Kopi di dunia ada berbagai macam. Ada kopi yang punya cita rasa dan aroma yang khas. Ada pula kopi yang menjadi unik karena prosesnya. Untuk tahu ada kopi apa saja yang ada di dunia, yuk lihat listnya berikut ini.

1. Kopi Luwak
Kopi yang satu ini tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di dunia. Kopi yang berasal dari kotoran hewan luwak ini bahkan dinobatkan menjadi kopi termahal di dunia. Selain karena rasanya yang khas, kopi luwak menjadi mahal karena prosesnya yang unik dan tak mudah.

 

Kopi harus dimakan terlebih dahulu oleh luwak di mana hewan ini tak boleh dikandangkan melainkan harus makan atas keinginan luwak sendiri. Barulah setelah luwak mengeluarkan kotoran yang mengandung biji kopi, kopi luwak siap diolah. Itulah yang membuat kopi ini jarang dihasilkan ketika tidak ada luwak yang memakan.

2. Kopi Arabica
Kopi Arabica adalah kopi yang paling populer di dunia di antara kopi lainnya. Ini karena jenis kopi Arabica bisa ditemui di hampir semua negara di dunia. Kopi arabica adalah kopi dengan cita rasa dan aroma yang paling nikmat menurut para pecinta kopi.

Tak heran jika kopi jenis ini dapat menguasai pasar kopi dunia sekitar 70 hingga 80 persen dari jumlah kopi yang beredar di pasaran. Kopi yang punya ukuran biji lebih kecil dari jenis lainnya dan tumbuh subur di daerah yang sejuk ini juga punya kadar kafein yang rendah, jadi aman buat kesehatan.

3. Kopi Robusta

Berikutnya ada kopi robusta yang juga populer di hampir seluruh dunia. Kopi jenis ini tak hanya tumbuh di daerah berhawa sejuk saja, tapi bisa juga di daerah yang panas. Cita rasa dan aroma kopi robusta tak senikmat arabica. Kopi ini cenderung berasa pahit dan sedikit asam, kandungan kafeinnya juga tinggi. Karena itulah kopi yang punya biji lebih besar dan sedikit lonjong ini, harganya lebih murah. Meski begitu, kopi ini tetap jadi incaran mereka yang demen sama kopi bercita rasa pahit.

4. Kopi Liberika

Tak banyak yang mengenal jenis kopi ini bukan berarti tak banyak yang suka, loh. Kopi Liberika terbuat dari biji kopi Arabika dan Robusta yang dipadukan menjadi satu hingga menghasilkan kopi dengan cita rasa kelas dunia. Kopi ini hanya bisa ditemui di Liberia, Afrika, jadi tak heran jika harga kopi Liberika sangatlah mahal. Kelebihan dari kopi ini adalah ketika diolah menjadi espresso dan latte, maka di sanalah kopi Liberika terasa kenikmatan kelas dunianya.

5. Kopi Kolombia

Berasal dari Afrika dan masih termasuk dalam jenis kopi arabika, kopi Kolombia punya cita rasa yang berbeda dari induknya. Meski dari Afrika, tapi kopi ini dikembangkan di Kolombia dan hanya bisa ditemui di sana. Rasa yang dihasilkan di setiap seduhannya jauh lebih nikmat ketimbang kopi arabika biasa, tak heran jika harga kopi ini lebih mahal di beberapa negara.

6. Kopi Excelsa
Jika umumnya pohon kopi tumbuh subur di dataran tinggi dan berhawa sejuk, maka tidak begitu halnya dengan kopi excelsa ini. Pohon kopi ini bisa tumbuh dibeberapa jenis lahan seperti lahan gambut dan dataran rendah dengan kisaran 0-750 mdpl.

Keunikan lainnya adalah pohon kopi excelsa dapat tetap tahan pada suhu tinggi dan kekeringan. Pohon kopi excelsa biasanya bisa mencapai 20 meter loh, cukup tinggi untuk ukuran pohon kopi ya, Guys. Daunnya besar dan lebar serta berwarna hijau keabuan. Kulit buahnya lembut dan mudah dikupas dengan tangan.

7. Kopi Jamaika

Bukan hanya Kolombia, negara di Benua Amerika lainnya yang punya jenis kopi sendiri adalah Jamaika dengan kopi populernya bernama Jamaica Blue Mountain. Terbuat dari kopi biasa dengan cita rasa luar biasa. Yups, kopi ini begitu kompleks, bertekstur ringan, rasanya tidak pahit bahkan nyaris seperti krim. Kopi Jamaika terkenal sebagai kopi kelas premium dengan harga tertinggi di dunia. Pecinta kopi patut untuk mencobanya.

8. Kopi Jawa

Daerah di Indonesia yang punya kopi dengan kepopuleran hingga ke seluruh dunia adalah kopi Jawa. Kopi Jawa sudah diproduksi sejak abad ke-17 oleh pemerintah Kolonial Belanda waktu itu. Kopi ini terbuat dari kopi arabika biasa, tapi cita rasa dan kenikmatan yang dihasilkan cukup luarbiasa, bahkan termasuk dalam kelas kopi berkualitas premium. Kopi Jawa inilah yang menginspirasi lahirnya program Java.

9. Kopi Gayo

Dari namanya sudah dapat diketahui kalau jenis kopi ini berasal dari Tanah Gayo di Aceh. Kopi ini telah dikembangkan sejak 1908. Kopi Gayo berasal dari pohon kopi yang ditanam di dataran tinggi dan diolah dengan ketelitian tinggi. Tak heran, jika kopi Gayo punya kulitas kopi kelas premium. Kekhasan dari kopi Gayo terletak pada rasa dan teksturnya yang sedikit asam, tapi mencerminkan cita rasa dunia. Aromanya juga khas dan begitu nikmat. Dan lagi, salah satu kopi dari Indonesia ini sudah diekspor dan populer ke beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Eropa.

10.Kopi Toraja

Masih berasal dari Indonesia. Kopi berikutnya berasal dari Tanah Toraja, Sulawesi. Kepopuleran kopi Toraja tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di dunia seperti Jepang dan Amerika Serikat. Biji kopi yang ditanam di Toraja terkenal sangat khas dan enak sejak jaman dahulu. Tak ayal karena Toraja memang merupakan daerah pusat penghasil kopi terbesar di Indonesia.

11.Kopi Catimor

Jenis kopi catimor adalah salah satu unsur dari kopi Robusta yang sering ditemui di daerah Timur. Kopi jenis ini punya keasaman yang rendah seperti halnya robusta. Untuk menghasilkan after taste yang nikmat setelah meminumnya, kopi ini perlu diolah dengan baik dan benar. Jika itu dilakukan maka after taste yang dihasilkan adalah sentuhan fruity dan herbal yang nikmat.

12.Kopi Bourbon

Kopi yang satu ini punya citarasa manis yang khas dan tekstur yang halus dan menarik. Kopi Bourbon terkenal langka karena pohonnya yang mudah rapuh sehingga menghasilkan biji kopi yang lebih sedikit daripada kopi pada umumnya.

13.Kopi Catuai

Catuai juga merupakan salah satu unsur kopi Robusta. Karena itulah tingkat keasaman kopi ini begitu rendah. Kopi jenis catuai bisa kita temui di daerah Timor Timor dan daerah bagian timur Indonesia. Meski punya citarasa pahit, kopi catuai meninggalkan rasa buah dan rempah yang kental setelah menyeruput kopi ini.

14.Kopi Caturra

Kopi ini pertama kali ditemukan di Kolombia, Kosta Rika dan Nikaragua. Pohon kopinya yang kecil-kecil banyak tumbuh di sekitar Amerika Selatan. Kopi yang kemudian lebih banyak dikembangkan di Brazil ini dibedakan ke dalam dua jenis, bright acidity dan low-to-medium body.

15.Kopi Pacamara

Menurut para penikmat kopi, kopi pacamara punya citarasa yang luar biasa dengan sedikit rasa manis citrus. Kopi ini punya keseimbangan rasa yang mengagumkan dan aroma tumbuhan yang nikmat. Pacamara adalah jenis kopi yang unik dan punya kualitas yang baik.

16.Kopi Sumatera

Tak jauh berbeda dari tetangganya, Kopi Gayo, Kopi khas Sumatera juga punya kepopuleran hingga ke mancanegara. Kopi Sumatera umumnya berasal dari daerah Mandaling. Menurut sejarahnya, kopi yang punya cita rasa enak dan khas serta berkualitas ini dibawa dari Mekkah yang kemudian ditanam di Minangkabau dan dikembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

17.Kopi Sidikalang

Bukan hanya kopi Gayo yang merupakan salah satu kopi khas Sumatera. Ada pula Sidikalang yang berasal dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi ini dibudidayakan di kawasan Bukit Barisan. Sidikalang punya kepopuleran hingga ke mancanegara, bahkan kopi ini digadang-gadang mampu menandingi kopi khas Brazil.

18.Kopi Arang

Yang satu ini masih berasal dari Indonesia. Tepatnya berasal dari Jember, Jawa Timur. Keunikan dari kopi arang ini adalah prosesnya pembuatannya yang harus digosongkan terlebih dulu. Meski begitu, tapi rasanya tidak pahit loh, justru aroma yang keluar ketika diseduh lebih mirip cabai. Unik bukan!

19.Kopi Kintamani
Tak berhenti sampai di kopi arang, dari Pulau Dewata juga punya kopi sendiri yang diberi nama kopi Kintamani. Kopi Kintamani terkenal sebagai kopi dengan kulitas yang bagus. Ini karena proses pengembangan kopi di daerah Kintamani, Bali ditanam di daerah berhawa sejuk dan dingin, bahkan perawatannya masih menggunakan sistem pengairan tradisional.

Kopi kintamani masih termasuk kopi organik yang memiliki tekstur lebih halus dan terasa lembut di lidah. Kenikmatan dan kelembutan kopi kintamani bahkan sudah terasa hingga ke Jepang loh, Guys.

20.Kopi Lanang

Lanang dalam bahasa Jawa berarti laki-laki. Nama ‘Lanang’ disematkan pada kopi ini karena dipercaya dapat menambah vitalitas kaum adam. Iya, kadar kafein yang tinggi pada kopi Lanang-lah yang membuat para lelaki dapat betah berlama-lama tidak memejamkan mata untuk tidur. Inilah yang membuat mereka bisa tetap bertahan saat malam tiba. Kopi yang banyak diproduksi di Jawa Timur ini, sudah terkenal hingga ke Amerika juga, Guys.

21.Kopi Wamena

Papua pun punya kopi ala mereka sendiri dan menjadi populer di dunia. Kopi ini bernama Wamena. Tak kalah dari kopi dari daerah lainnya, kopi Wamena ini adalah jenis kopi organik dengan kulitas terbaik. Ini didukung tanah Papua yang memang subur dan sangat baik untuk tanaman kopi. Kopi wamena punya aroma yang harum dan tekstur yang halus, serta keunikan after taste yang bercita rasa manis. Kenikmatan dari kopi Wamena ini tak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi hingga ke mancanegara seperti Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.

22.Kopi Preanger

Selain Sumatera, Jawa juga menjadi daerah penghasil kopi terbanyak di Indonesia. Salah satu produksi kopi asal Jawa yang populer hingga ke mancanegara adalah kopi Preanger yang dikenal sejak zaman pendudukan Belanda. Kopi ini terkenal enak, bahkan kenikmatan kopi Preanger ini terasa hingga ke Eropa. Saking enaknya, orang Eropa menyebut kopi ini dengan A Cup of Tea yang berarti secangkir Jawa.

23.Kopi Kona

Dari deretan kopi termahal di dunia, pasti ada nama kopi Kona di sana. Yups, kopi dengan cita rasa yang khas dan nikmat ini hanya bisa tumbuh di Hawaii saja. Tak ayal untuk dapat menikmati atau sekedar mencicipi kopi ini, kita musti merogoh kocek cukup dalam. Tak hanya itu, kopi Kona juga hanya bisa tumbuh di Hawai pada musim-musim tertentu. Iya, cukup langka bukan!

24.Kopi Flores

Kopi produksi daerah di Indonesia nampaknya masih mendominasi daftar kopi terkenal dunia. Salah satu yang ada dalam daftar itu adalah kopi Flores yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara. Kopi Flores ada yang berupa kopi Arabica, ada pula yang berupa kopi Robusta. Keduanya sama-sama enak dan nikmat. Yang menjadikan khas dari kopi Flores ini adalah cita rasa asamnya yang murni dan aroma lemon yang harum kala menyeduh kopi ini.

25.Kopi Lampung

Yang terakhir masih ditempati oleh kopi produksi Indonesia, yaitu kopi Lampung. Kopi Lampung sebagian besar masih termasuk dalam jenis kopi robusta. Kopi yang terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas ini banyak dibudidayakan di dataran tinggi seperti di sekitar Lampung Tenah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.

Itulah tadi 25 macam kopi yang dikenal dan terkenal di dunia. Beberapa di antaranya adalah jenis pengembangan dari kopi lainnya. Dan dari daftar di atas kita tahu jika Indonesia punya kopi yang beragam dan tak kalah populer dari kopi-kopi produksi luar negeri. Nah,kopi mana nih yang jadi favorit kalian? Atau daerah tempat tinggal kalian punya jenis kopi sendiri. Kopi apakah itu?

 

sumber https://www.vebma.com/list/25-macam-kopi-dari-indonesia-dan-seluruh-dunia/14503

01September
2017
  • 0
  • 0

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *